Contoh pekerjaan
resepsionis di bidang perhotelan :
Sebuah resepsionis hotel
adalah orang atau orang-orang yang bekerja di meja depan hotel,
memberi salam kepada
tamu pada saat kedatangan dan membantu mereka dengan masalah selamamereka
menginap. Seorang resepsionis hotel juga dapat disebut sebagai petugas meja.
Kebanyakan hotel hanya memerlukan resepsionis mereka untuk memiliki ijazah
sekolah tinggi atau setara,
meskipun
beberapa mungkin memiliki gelar sarjana di wilayah seperti bisnis atau manajemen
hotel.Dalam hari untuk bekerja hari, seorang resepsionis hotel mungkin akan
perlu untuk menjawab telepon
ketika tamu-tamu potensial panggilan, untuk menjawab pertanyaan atau
mengambil pemesanan. Dia atau dia akan perlu untuk mempertahankan catatan
dan mungkin menciptakan danmenjaga sistem pengarsipan, dan menjaga area kerja
nya rapi karena itu adalah hal pertama tamu akan melihat
saat memasuki hotel. Ketika tamu tiba, resepsionis hotel akan selesai check in
proses.Hal ini melibatkan menugaskan kamar untuk tamu, menciptakan kunci, dan
menjelaskan
kebijakan mengenai
check-out kali dan setiap makanan sudah termasuk. Resepsionis perlu untuk mempertahankan laci uang tunai dalam rangka untuk menerima
pembayaran untuk ruang, baik pada kartu tunai atau kredit. Dia juga mungkin
perlu mengatur account biaya untuk digunakan para tamuselama mereka menginap,
sehingga mereka mampu biaya hal-hal ke kamar mereka, dan membayar semuanya
sekaligus pada saat check-out.
Tugas seorang
receptionist hotel adalah :
- Menyambut setiap tamu tamu hotel dengan ramah
- Menjawab telepon berkaitan dengan informasi akan hotel tersebut
- Memberi bantuan petunjuk akan lokasi tempat yang diminta kepada para pengunjung hotel
- Memberikan informasi berkaitan dengan hotel kepada para pengunjung hotel
- Mencatat daftar pengunjung hotel berkaitan dengan check in & check out
- Data entry akan informasi tamu hotel
- Mencatat berbagai informasi yg diperlukan oleh hotel seperti check in check out reservasi dll
- Menyortir surat surat yang masuk ke hotel baik kertas maupun elektronik
- Memberikan citra + image hotel yg baik dan ramah serta profesional
- Memberikan bantuan kepada setiap pengunjung hotel bila diperlukan
- Mengamati & melaporkan aktivitas pengunjung hotel yang mencurigakan bila diperlukan
- Bagi receptionist shift malam, ada kemungkinan besar dituntut untuk mampu mengerjakan nightauditing dimana ketika malam tiba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar